Sabtu, 27 Desember 2014

Pengertian Komunikasi Massa

     Komunikasi massa merupakan sejenis kekuatan sosial yang dapat menggerakan proses sosial ke arah tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu atau komunikasi massa adalah proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak.

     Komunikasi massa memiliki beberapa karakteristik yang di kemukakan oleh para ahli seperti menurut Wright yaitu :

  1. Di arahkan kepada khalayak yang relatif lebih besar heterogen dan anonim
  2. Pesan yang di sampaikan secara terbuka
  3. Pesan di terima serentak pada waktu yang sama dan bersifat sekilas memakai media elektronik
  4. Komunikator cenderung bergerak dalam organisasi yang kompleks yang melibatkan biaya yang besar  
     Ciri-Ciri Komunikasi Massa :
  1. Menggunakan Media massa dengan organisasi
  2. Komunikator memiliki Keahlian tertentu
  3. Khalayak yang di tuju hetrogen dan anonim
  4. Kegiatan lebih teratur dan berkesinambungan
  5. Pesan searah dan umum
     Dampak Positif Komunikasi Massa :
  1. Memperjelas suatu wacana pada wacana yang masih simpang siur
  2. Menambah nilai nilai baru di dalam masyrakat
  3. Komunikasi memberikan gambaran kepada pemirsa bagaimana standar hidup yang layak bagi seorang manusia
     Dampak Negatif Komunikasi massa :
  1. Pelunturan nilai budaya,adat istiadat di dalam masyarakat
  2. Menonton sinetron berlebihan di TV berdampak pengaruh kepada psikologi sesorang
  3. Proses imitasi(peniruan) kepada tokoh idola
Share:

0 komentar:

Posting Komentar