Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk rizki hidayat,
pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis.
Ia telah meminta anda untuk menghabiskan beberapa hari di rizki mobilku, sebuah
dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak
diperkenalkan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas anda adalah menemukan
cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut menggambil keuntungan
dari setiap peluang.
Satu hari ketika anda sedang berbicara dengan pramono, manajer
penjualan untuk rizki mobilku, anda menyadari potensi dari informasi yang telah
di kumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, rizki
mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilih dari setiap mobil yang di
jualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan
dengan pemeliharaan rutin. Rizki mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah
mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun
kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelum ini
Soal
1.
Berdasarkan kasus rizki mobilku, jelaskan perbedaan antara data
dan informasi. Data apa yang sebaiknya menjadi informasi di rizki mobilku ?
Jawab :
·
Data mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti,
yang diubah menjadi informasi oleh suatu pengolah informasi.Informasi
memiliki arti bagi pemiliknya. Pengolah informasi menyediakan informasi
dalam bentuk lisan maupun tertulis.
·
Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun lingkungan
dan digunakan untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
2.
Apakah saran anda terhadap kasus rizki mobilku untuk mencapai
keunggulan kompetitif ?
Jawab :
·
Keunggulan kompetitif adalah merujuk pada kemampuan sebuah
organisasi untuk memformulasikan strategi yang menempatkannya pada suatu posisi
yang menguntungkan berkaitan dengan perusahaan lainnya. Keunggulan kompetitif
muncul bila pelanggan merasa bahwa mereka menerima nilai lebih dari transaksi
yang dilakukan dengan sebuah organisasi pesaingnya
Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk rizki hidayat,
pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis.
Ia telah meminta anda untuk menghabiskan beberapa hari di rizki mobilku, sebuah
dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak
diperkenalkan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas anda adalah menemukan
cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut menggambil keuntungan
dari setiap peluang.
Satu hari ketika anda sedang berbicara dengan pramono, manajer
penjualan untuk rizki mobilku, anda menyadari potensi dari informasi yang telah
di kumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, rizki
mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilih dari setiap mobil yang di
jualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan
dengan pemeliharaan rutin. Rizki mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah
mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun
kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelum ini
Soal
1.
Berdasarkan kasus rizki mobilku, jelaskan perbedaan antara data
dan informasi. Data apa yang sebaiknya menjadi informasi di rizki mobilku ?
Jawab :
·
Data mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti,
yang diubah menjadi informasi oleh suatu pengolah informasi.Informasi
memiliki arti bagi pemiliknya. Pengolah informasi menyediakan informasi
dalam bentuk lisan maupun tertulis.
·
Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun lingkungan
dan digunakan untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
2.
Apakah saran anda terhadap kasus rizki mobilku untuk mencapai
keunggulan kompetitif ?
Jawab :
·
Keunggulan kompetitif adalah merujuk pada kemampuan sebuah
organisasi untuk memformulasikan strategi yang menempatkannya pada suatu posisi
yang menguntungkan berkaitan dengan perusahaan lainnya. Keunggulan kompetitif
muncul bila pelanggan merasa bahwa mereka menerima nilai lebih dari transaksi
yang dilakukan dengan sebuah organisasi pesaingnya
Dimas adinata 33114086
Zein yikfii batutah 3C114663
2DB02
0 komentar:
Posting Komentar